Pembangunan Jalan Prioritas Utama Menuju Wisata Batu Layang

Pembangunan Jalan Prioritas Utama Menuju Wisata Batu Layang

Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Jawa Barat, merupakan salah satu wilayah tujuan wisatawan yang datang ke kawasan Puncak. Karena itu, pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan desa wisata menjadi skala prioritas Pemerintah desa (Pemdes) Batulayang dengan memanfaatkan anggaran dana.

Menurut Informasi dari Kepala desa (Kades) Batulayang, H. Iwan Setiawan “Dana desa tahun 2017 ini, skala besar di prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur jalan lingkungan menuju kawasan desa wisata diantaranya, betonisasi jalan Batu Kasur – Pasir Manggis di RT 06/04 sepanjang 400 meter, betonisasi jalan setapak di RT 01/03 sepanjang 100 meter, perbaikan jalan setapak di RT 03/04 sepanjang 100 meter dan pembangunan jembatan di RT 07/04 sepanjang 14 meter dengan lebar rata-rata 2 sampai 3 meter,”

Dan Menurutnyam juga untuk total pembangunan ruas jalan lingkungan desa batu layang tersebut ditargetkan 1000 meter. Dengan adanya swadaya dari masyarakat maka pembangunan mencapai hingga 1.400 meter.

“Kalau jalan lingkungan sudah keseluruhan, selanjutnya membutuhkan anggaran untuk pembangunan jalan lingkar. Rencana kedepan seluruh jalan lingkungan akan di hotmix,”

Kepala desa dan masyarakat berharap, dengan infrastruktur yang memadai diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Batulayang, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi mayarakat setempat.

Selain itu, realisasi dana desa termin pertama senilai Rp 515.586.502 dari total keseluruhan Rp 859.310.837 yang diterima Pemdes Batulayang ini, juga digunakan untuk membangun Posyandu diwilayah RT 02/01 dan pembangunan sekretariat bank sampah di tiga RT yaitu di RT 01/01, RT 05/01 dan RT 06/01.

“Untuk bidang pemberdayaan saat ini baru mencapai 50 persen dilaksanakan, salahsatunya cerdas cermat kader posyandu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dana desa tahun 2018 mendatang rencananya akan digunakan untuk membangun Badan usaha milik desa (BUMDes). “Saat ini sedang merancang Sub kegiatannya terlebih dahulu serta menyiapkan sumber daya manusia dibidangnya,” pungkas Iwan Setiawan.

Disamping peningkatan infrastruktur jalan lingkungan, guna meningkatkan kenyamanan dalam pelayanan terhadap masyarakat, Pemdes Batulayang mengalokasikan dana bantuan provinsi (Banprov) melalui pembangunan kantor desa. (IB)

tabloidwiradesa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *